Hubungi : 021-27871134 0812 1069 5327 lspk3k@gmail.com
   Daftarkan diri Anda untuk mengikuti uji komptensi Supervisor K3 Konstruksi, Ahli Muda K3 Konstruksi, Ahli Madya K3 Konstruksi dan Ahli Utama K3 Konstruksi

News

Berita

WIKA – GEDUNG MENGIKUTI UJI KOMPETENSI AHLI MADYA K3 KONSTRUKSI

Jakarta – Sebanyak 18 orang SHE (Safety, Health and Enviroment) yang sebagian besar karyawan Wika Gedung, hari Kamis, 15 Oktober 2020 mengikuti Uji kompetensi/ sertifikasi Ahli Madya K3 Konstruksi di LSP K3 Konstruksi, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Sebelumnya para ahli bidang K3 ini mendapatkan pelatihan Jabatan Kerja Ahli Madya K3 Konstruksi dari Perkumpulan Ahli Keselamatan Konstruksi Indonesia (dahulu A2K4- Indonesia) selama 6 hari penuh tanggal 5-10 Oktober 2020 secara daring oleh Narasumber dari A2K4 Indonesia tersebut.

Rata-rata karyawan PT Wijaya Karya Bangunan Gedung (Wika-Gedung) ini berprofesi sebagai SHE yang bertugas di berbagai proyek infrastruktur di Indonesia. Dalam pelatihan ahli madya K3 Konstruksi, para karyawan diberikan tugas membuat RKK (Rencana Keselamatan Konstruksi) oleh narasumber. RKK merupakan dokumen penting mengacu kepada Peraturan Menteri PUPR No. 21 tahun 2019 tentang Keselamatan Konstruksi. Peserta dinyatakan kompeten dan berjanji akan memelihara kompetensi dan menerapkan pengetahuan K3 Konstruksi ketika ditugaskan di proyek kontruksi di masa yang akan datang.

(prj)

Berita

TUK SRIWIJAYA PALEMBANG GIAT UJI SERTIFIKASI TATAP MUKA

PALEMBANG – Setelah mendapatkan verifikasi ulang dari LSP K3 Konstruksi, Tempat Uji Kompetensi (TUK) Sriwijaya Palembang giat mengadakan uji kompetensi atau sertifikasi tatap muka dengan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid 19 yang ketat. Bulan Oktober 2020 ini, TUK Sriwijaya mengadakan dua kali uji kompetensi. Didahului dengan Penjelasan APL 01 dan 02 secara daring dari LSP K3 Konstruksi tanggal 8 dan 12 Oktober 2020. Uji sertifikasi pada masa pandemi ini dilakukan tanggal 10 Oktober 2020 di TUK Sriwijaya, sedangkan yang kedua dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober 2020. Kedua uji sertifikasi tersebut untuk memperoleh Sertifikat Ahli Muda K3 Konstruksi.

TUK Sriwijaya Palembang dengan dimotori Pengurus Ahli Keselamatan Konstruksi Indonesia Wil. Sumatera Selatan (d/h A2K4 Indonesia) memang selama ini merupakan TUK yang paling produktif, bahkan di masa Pandemi Covid 19 yang sedang melanda dunia saat ini. Setidaknya TUK Sriwijaya/ DPW A2K4 Sumsel selalu mengikuti perkembangan yang terjadi. Aktif juga mendukung data dalam rangka Akreditasi Asosiasi Kemen PUPR tahun 2020, mengikuti perkembangan LSP K3 Konstruksi dengan tanggap mengikuti dan mendapatkan verifikasi TUK setelah tiga tahun berkarya.

(prj)

Berita

RE-VERIFIKASI TEMPAT UJI KOMPETENSI LSP K3 KONSTRUKSI

JAKARTA – Dua Tempat Uji Kompetensi (TUK) LSP K3 Konstruksi telah melakukan Verifikasi Ulang (re-verifikasi). TUK tersebut masing masing TUK Batavia Jakarta dan TUK Sriwijaya Palembang. Kedua TUK tersebut sudah menjadi tempat uji kompetensi LSP K3 Konstruksi selama 3 tahun sejak tahun 2017. Berbagai skema uji telah dilaksanakan kedua TUK tersebut, yaitu Skema Supervisor K3 Konstruksi, Ahli Muda K3 Konstruksi dan Ahli Madya K3 Konstruksi.

Sehubungan dengan adanya Pandemi Covid 19, tempat uji kompetensi yang melakukan verifikasi ulang perlu juga menyesuaikan diri. Sebagai tempat uji perlu memfasilitasi uji kompetensi tatap muka dengan peralatan yang diwajibkan sebagai perlengkapan protokol pencegahan penularan covid 19. Antara lain masker kesehatan, hand sanitizer, disinfektan dan peralatannya, thermogun, face shield dan perlengkapan kebersihan tangan lainnya.

Verifikasi ulang menyangkut masalah tempat uji yang meliputi keberadaan kantor dan lokasi uji serta keabsahannya, peralatan, promosi dan program kerja tiga tahun ke depan, jumlah asesor, peralatan uji standar dan pemahaman terhadap SOP dan panduan mutu sertifikasi yang telah ditetapkan.

Sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) Sriwijaya Palembang yang merupakan TUK pertama LSP K3 Konstruksi telah tiga tahun berkiprah menjadi tempat uji bagi para tenaga kerja yang diuji kompetensinya. TUK Sriwijaya juga selalu membangun komunikasi dengan pekerja yang telah disertifikasinya melalui media social yang ada. Para pemegang sertifikat merasa mendapatkan manfaat dari sertifikat yang dimilikinya, terbukti dengan testimoni yang mereka laporkan ketika mendapatkan pekerjaan pertama.

Sedangkan TUK Batavia sudah terlebih dahulu melakukan verifikasi ulang bulan Agustus 2020 yang lalu. Dalam kurun waktu itu sudah banyak yang telah mendapatkan sertifikat Supervisor K3 Konstruksi maupun Ahli Muda K3 Konstruksi dari BNSP melalui LSP K3 Konstruksi. Re-verifikasi TUK Sriwijaya dilakukan Rabu 23 September 2020 masih dalam kondisi Pandemi Covid 19, sehingga re-verifikasi (verifikasi ulang) dilakukan menggunakan metode online. Kini kedua TUK tersebut siap melayani uji kompetensi tatap muka dengan mengedepankan protokol pencegahan covid 19.

(prj)

Berita

A2K4-Indonesia menjadi Asosiasi Profesi Terakreditasi Kemen PUPR

JAKARTA – Melalui Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1410/KPTS/M/2020 tertanggal 4 September 2020, Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia mengumumkan A2K4 – Indonesia sebagai Asosiasi Profesi Jasa Konstruksi Terakreditasi dengan kategori Asosiasi Khusus Bercabang. Kepmen tersebut juga mengumumkan Asosiasi Badan Usaha Jasa Konstruksi, Asosiasi Profesi Jasa Konstruksi dan Asosiasi Terkait Rantai Pasok Jasa Konstruksi Terakreditasi. Kepmen PUPR ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi dan untuk melaksanakan amanat Pasal 2 ayat (3) Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 10 Tahun 2020.

Dengan ditetapkannya Keputusan Menteri ini maka berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 471/KPTS/M/2016 tentang Penetapan Asosiasi Perusahaan dan Asosiasi Profesi Yang Memenuhi Persyaratan Serta Perguruan Tinggi/Pakar dan Instansi Pemerintah yang Memenuhi Kriteria Untuk Menjadi Kelompok Unsur Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Tingkat Nasional.

Sebagai “induk” LSP K3 Konstruksi, Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi Indonesia (A2K4-Indonesia) yang kini bernama Perkumpulan Ahli Keselamatan Konstruksi Indonesia bersama dengan 24 Asosiasi Profesi Terakreditasi akan mendapat surat tanda terakreditasi, membentuk LSP dan mengusulkan anggotanya untuk menjadi Pengurus LPJK yang baru.  A2K4-Indonesia termasuk yang sudah memiliki LSP dengan nama LSP K3 Konstruksi yang sudah mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) No: BNSP-LSP-612-ID tertanggal 4 Oktober 2016. Setelah A2K4 Indonesia terakreditasi, maka LSP K3 Konstruksi akan mengajukan Rekomendasi Menteri PUPR untuk penambahan Skema Lisensi BNSP dan untuk mendapatkan Registrasi LSP Terlisensi.

(prj)

Berita

UJI KOMPETENSI PERDANA PADA MASA KEBIASAAN BARU

Jakarta – Sebanyak 25 orang peserta Pelatihan Ahli Madya K3 Konstruksi, yang rata-rata berposisi sebagai Project Manager (PM) sebuah BUMN Konstruksi mengikuti Sertifikasi Ahli Madya K3 Konstruksi BNSP dengan melibatkan 5 asesor dari LSP K3 Konstruksi. Uji kompetensi yang digelar oleh TUK Batavia Jakarta tanggal 19 Agustus 2020 berlangsung di Sebuah Restoran di Jakarta Selatan dalam Protokol Kesehatan Pencegahan COVID 19 yang ketat. Menurut admin TUK Batavia, sertifikasi ini merupakan Batch Pertama yang diadakan oleh salah satu BUMN Konstruksi itu, aka nada lanjutan Pelatihan dan Uji kompetensi Ahli Madya K3 Konstruksi selanjutnya. Dari uji kompetensi ini hasilnya tidak mengecewakan, rata-rata asesi yang diuji portofolio ini memang sudah pengalaman di lapangan sebagai PM dan ada yang memimpin bagian HSE di perusahaannya. Peserta juga memenuhi syarat karena telah mengerjakan tugas kelompok berupa membuat makalah dan buku saku sesuai dengan topik tiap kelompoknya yang diberikan instruktur pada waktu pelatihan secara daring dengan  narasumber dari Perkumpulan Ahli Keselamatan Konstruksi Indonesia (d/h A2K4 Indonesia). Di bagian akhir uji kompetensi para asesor mengharapkan para asesi tetap memelihara kompetensinya dan menerapkan K3 Konstruksi dalam pekerjaannya. Selamat dan sukses!

(prj)

Berita

UJI SERTIFIKASI MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU

JAKARTA – LSP K3 KONSTRUKSI akan menerapkan uji kompetensi/ sertifikasi masa adaptasi kebiasaan baru dengan aturan Protokol Kesehatan Covid 19 khususnya uji di lokasi LSP K3 Konstruksi. Aturan tersebut antara lain:  Penyemprotan disinfektan bagi gedung dan lingkungan tempat uji kompetensi; Asesor, peserta uji (asesi) dan tenaga administrasi yang bertugas merasa dalam keadaan sehat.

Memasuki ruang uji kompetensi asesor, peserta uji (asesi) dan tenaga administrasi yang bertugas menggunakan masker, membersihkan tangan di wastafel atau dengan hand sanitizer dan diperiksa suhu badannya dengan menggunakan thermogun, jika suhu badannya lebih dari 37,5 derajad Celsius, maka yang bersangkutan dipersilahkan untuk isolasi diri di rumah/ di tempat yang sudah ditentukan.

Peserta Uji/ asesi dipersilahkan mengikuti uji portofolio, uji tulis, uji wawancara, uji observasi oleh Asesor Kompetensi menggunakan masker dan face shield dengan benar. Selama uji kompetensi Asesor dan asesi selalu menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan dipisahkan dengan pembatas akrilik . Pengambilan foto dan video untuk keperluan dokumentasi selama uji kompetensi tetap menjaga jarak.

(prj)

WhatsApp Chat Dengan Kami